Senin, 01 April 2013

Sosial


  Manusia adalah makhluk sosial yang hanya bisa menjalani kehidupan dengan bantuan orang lain dengan kata lain kita sangat membutuhkan orang lain dalam kehidupan kita. Melakukan berbagai hal kita harus saling berinteraksi dengan orang lain. Maka dari itu, seringnya berkomunikasi atau berinteraksi dengan seseorang terkadang menimbulkan banyak terjadinya kesalahpahaman yang dapat menyebabkan sebuah pertengkaran yang akan berakibat buruk bila tak segera kita selesaikan.
    Banyak orang yang masih mengandalkan gengsi dalam kehidupan bersosialisasinya termasuk dalam hal meminta maaf terlebih dahulu untuk segera menyelesaikan masalah-masalah kehidupan. Banyak orang masih berfikir bahwa meminta maaf dapat merendahkan harga diri yang ia  miliki padahal itu tidak benar. Meminta maaf bukan berarti kita kalah tetapi kita mengalah demi kebaikan kita bersama.
    Biasanya hal ini banyak terjadi pada para remaja karena mereka sangat menjaga gengsimereka. Biasanya masalah yang kecil saja dapat berbuntut menjadi besar karena bukannya saling meminta maaf justru mereka saling mengejek. Masalah yang sebenarnya terjadi pada dua orang pun kemudian berkembang dan melibatkan banyak orang, padahal mereka tidak tau apa yang terjadi.
Hal-hal yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari pun pasti kita lakukan dengan menyangkut pada orang lain. Contoh kecil saja makan, kita makan nasi dan nasi berasal dari beras yang ditanam oleh petani, lauk pauk dan sayuran kita dapat dari pasar itu berasal dari pedagang dan sumber dari lauk pauk itu, kemudian ibu kita atauorang yang memasak makanan.
Dalam hal makan saja kita telah melibatkan banyak orang, belum lagi hal-hal lain yang kita lakukan sehari-hari. Kita sangat membutuhkan orang lain dalam kegiatan kit, walaupun kita tidak berinteraksi secara langsung atau tatap muka.
Hal-hal yang kita lalui pasti akan bersangkutan dengan orang lain, dalam hal sekecil apapun itu. Kita harus selalu menjaga hubungan kita dengan orang lain, karena itu akan lebih memudahkan aktivitas kita bila kita dibantu orang lain, tetapi bukan berarti kita hanya mengandalkan orang lain tetapi kita hanya memerlukan bantuan.
    Kita tidak tau apa yang aka terjadi pada diri kita nanti, besok, bahkan satu menit yang akan datang. Jagalah hubungan dengan sesama manusia karena itu akan sangat membantu dan dapat membuat hidup kita aman. Berusahalah menyelesaikan masalah dengan secepat mungkin agar tidak segera membesar. Janganlah malu untuk meminta maaf karena meminta maaf akan menunujukkan bahwa kita dalah orang-orang yang berakhlak baik. Meminta maaf juga tida akan merendahakn harga diri kita. Sekian


Tidak ada komentar:

Posting Komentar